Anekdot dan Strukturnya (2)

PETERNAK SAPI
               
Ada seorang peternak sapi yang cukup berhasil dan punya beratus-ratus ekor sapi. Pada suatu hari datanglah seorang petugas peternakan yang menyamar dan bertanya,”Setiap hari sapi-sapi ini bapak beri makan apa?”,peternak pun menjawab”Oh saya beri makan rumput-rumput kering saja.” ”Kalau begitu bapak saya denda karena telah memberi makan sapi-sapi ini secara tidak layak.”kata si petugas. “Bapak saya denda 2 juta.”tambanya lagi.
Akhirnya selang beberapa minggu kemudian petugas tadi datang kembali dan menanyakan hal yang sama kepada si peternak. “Bapak beri makan apa sapi-sapi ini?”kata si petugas. Si peternak menjawab”saya beri makankeju,hamburger,dan susu.” “Kalau begitu bapak saya denda 3 juta karena memberi makan diluar batas sewajarnya!!”kata si petugas.
                Seminggu kemudian datang lagi si petugas untuk menanyakan hal yang sama kepada si peternak”Bapak beri makan apa sapi-sapi ini..??” “Begini pak,setiap hari semua sapi-sapi ini saya beri uang masing-masing lima ribu rupiah,terserah mereka mau beli makanan apa dengan uang itu.”jawab si peternak.Mendengar jawaban si peternak,si petugas hanya tercengang dan garuk-garuk kepala. Kemudian petugas pun meninggalkan tempat si peternak.



STRUKTUR TEKS ANEKDOT
Abstraksi                             : Ada  seorang peternak sapi yang cukup berhasil dan punya ratus-ratusan                           ekor sapi.
Orientasi                              :Pada suatu hari datang seorang petugaspeternakan yang menyamar.
Krisis                                      :Sapi sapi milik si peternak diberi uang masing-masing lima ribu rupiah untuk                       membeli makanan sapi itu sendiri.
Reaksi                                   :Petugas hanya tercengang dan garuk-garuk kepala.
Koda                                      :Petugas meninggalkan tempat si peternak.


Partisipan                            : Peternak sapi dan petugas pternakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menunjukkan Sikap Sesuai dengan Ketentuan Hukum & Upaya Pemberantasan Korupsi

Contoh Anekdot dan Strukturnya